TERTARIK Bermitra

bebek matang siap saji - DISCO

CITARASA INDONESIA BANGET


Skyduck Menyajikan Ragam Kuliner Berbahan Dasar Daging Bebek dengan Cita Rasa Mengesankan. Untuk Info Lebih Lanjut Dapat Menghubungi 081 766 766 69


22 November 2012

Ayo Mulai Usaha Menjual Makanan Beku (Frozen Food)

Menjual makanan beku adalah peluang usaha yang menarik, karena selain mudah, tidak membutuhkan banyak modal juga luas pengembangannya. Anda bisa memulainya dari skala rumahan.


MENGAPA TIDAK..?

Makanan beku, atau yang biasa disebut dengan frozen food, semakin hari semakin banyak diminati oleh masyarakat. Selain praktis, awet, banyak pilihan, makanan beku dapat dimasak sebagai lauk maupun camilan. Baso, naget, sosis, kornet, perkedel, karage adalah makanan beku yang dapat dijadikan lauk. Sedangkan lumpia, martabak, kaki naga, tempura banyak dijadikan sebagai camilan.

Membuka usaha jual makanan beku bisa jadi pilihan menarik untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mengutamakan kepraktisan dan kecepatan saji. Pengembangan usaha ini pun cukup luas, misal dengan menjual makanan siap saji sebagai jajanan anak-anak, atau menjadi agen bagi pedagang jajanan keliling.

 

AYO MULAI..!

Memulai usaha ini relatif mudah. Tempat yang strategis memang perlu, namun tidak mutlak. Anda bisa memulainya dari rumah dengan memanfaatkan garasi, teras atau ruang tamu. Yang penting keberadaan usaha anda diketahui oleh pelanggan anda. Menjalankan usaha ini pun tidak memerlukan ketrampilan khusus dan dapat dikerjakan oleh anggota keluarga.

Freezer. Anda membutuhkan freezer atau mesin pembeku untuk menyimpan dan memajang barang dagangan. Pemula bisa memanfaatkan kotak freezer yang ada di kulkas, namun kapasitasnya sangat terbatas. Ada beberapa macam ukuran freezer, mulai dari sekitar 100 liter, 200 liter bahkan 600 liter. Mulailah sesuai kemampuan sambil melihat perkembangan usaha. Untuk menekan investasi, anda bisa membeli freezer bekas yang masih baik.

Daya listrik. Semakin besar kapasitas freezer, semakin besar konsumsi listriknya. Pastikan daya listrik yang terpasang di tempat anda mencukupi. Pelajari cara mengoperasikan freezer yang dapat menghemat pemakaian listrik.

Distributor atau agen. Mengulak langsung dari produsen untuk mendapatkan harga murah bisa saja, tetapi biasanya mereka akan mengenakan syarat-syarat tertentu, atau mengarahkan anda pada distributor/agen yang telah ditunjuk. Ada beberapa distributor/agen yang bersedia meminjamkan freezer pada anda, tentu dengan perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan. Bicarakan kemungkinan ini dan coba minta dukungan alat-alat promosi seperti brosur, stiker, spanduk dari distributor/agen anda.

Promosi. Lakukan promosi dengan memasang papan nama, spanduk, menyebarkan brosur yang mencantumkan informasi usaha, aneka produk, harga dan diskon. Promosikan di kegiatan lingkungan, atau dari pintu ke pintu. Anda juga bisa menyiapkan contoh produk yang sudah matang sebagai icipan (biasanya untuk produk baru, dan beberapa agen memberikan contoh secara cuma-cuma).

 

PERHATIKAN

Pasar yang dibidik. Jika anda membidik pasar ibu-ibu rumah tangga, sediakan produk yang mementingkan mutu makanan, rasa, penampilan serta kemasan. Sedangkan jika anda membidik pasar jajanan anak-anak, faktor harga lebih berperan agar terjangkau uang saku anak-anak.

Variasi produk. Semakin banyak pilihan produk yang anda jual, biasanya semakin menarik pembeli. Namun, biaya penyimpanan dalam freezer pun semakin tinggi. Meski masa berlaku makanan beku biasanya adalah 6-12 bulan, namun bukan berarti anda bisa menyimpannya lama-lama. Setiap menit freezer anda mengkonsumsi biaya listrik. Anda bisa menekan biaya dengan cermat memilih produk untuk dijual, meningkatkan perputaran produk serta mengurangi produk slow moving (produk yang lambat terjual).

Perhatikan cara penanganan setiap produk. Mutu makanan beku yang telah cair kemudian dibekukan ulang biasanya berkurang. Ada makanan yang justru mutunya menurun saat disimpan dalam keadaan beku. Perhatikan pula masa kedaluarsa produk. Sebaiknya anda menjual produk yang masa berlakunya minimal 70-80% dari masa kedaluarsa.

 

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Tingkatkan jenis layanan, misal, jam usaha yang fleksibel dan layanan antar. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dengan menjual dalam bentuk matang, terutama jika anda bisa berkreasi dan mengolahnya menjadi masakan yang unik dan menarik.

Anda bisa mengembangkan usaha menjadi agen bagi pedagang jajanan keliling. Strateginya adalah harga murah. Prosentase keuntungan anda mungkin menurun, tetapi total omset bisa terdongkrak. Di samping itu, anda berkesempatan menjual produk pendukung, seperti saos, sambal, minyak goreng, tusuk sate.
Perlu anda sadari, freezer anda adalah mesin serba guna untuk menyimpan dan mengawetkan berbagai bahan makanan dan minuman. Anda bisa menjual aneka bahan makanan atau minuman segar yang dapat disimpan beku, seperti; ikan, daging, ayam, bebek, udang dan produk lain sesuai kebutuhan konsumen. Manfaatkan freezer anda seoptimal mungkin, namun tetap memperhatikan kualitas produk yang anda jual.

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Kecil.
Tingkat Kesulitan: Relatif mudah




Pesan ini dipersembahkan oleh
SKYDUCK
081 766 766 69
Tweet @bebekskyduck

2 komentar:

  1. kami jual chest freezer untuk bantuk usaha makanan beku anda jadi makin besar lagi gan :D

    BalasHapus
  2. ~ Cold storage kapasitas 7-8 ton ~

    * Ruangan Ukuran 4 x 3 x 2,5 M Tebal 8 cm
    * Unit condensor Compresor
    * Evaporator
    * Panel Listrik
    * Instalasi Pipa Kabel

    Anda Terima Dingin Suhu - 18 sampai - 20 C

    Garansi Servis 3 Bulan

    Harga : Rp. 95.000.000,- ( Franco Jakarta )

    Kami juga menyediakan kapasitas / ukuran ruangan sesuai kebutuhan anda...

    Visit : secondcoldstorage.blogspot.com / coldstoragesecond.com

    BalasHapus

ARSIP BLOG

skyduck channeling

PING