TERTARIK Bermitra

bebek matang siap saji - DISCO

CITARASA INDONESIA BANGET


Skyduck Menyajikan Ragam Kuliner Berbahan Dasar Daging Bebek dengan Cita Rasa Mengesankan. Untuk Info Lebih Lanjut Dapat Menghubungi 081 766 766 69


20 Agustus 2011

Ubah-lah Sifat Menunda-nunda




Hampir semua manusia di dunia ini pernah menunda apapun karena suatu sebab. Menunda bukan sebuah kesalahan kalau hal tersebut dilakukan karena alasan tertentu. Akan tetapi, menunda dalam situasi lain; sangatlah merugikan, bahkan mampu menarik mundur pelakunya ke dalam situasi yang kadang-kadang sangat tragis

Menunda pekerjaan tanpa sebab jelas dan dilakukan secara terus menerus akan menjadikan pelakunya mengalami krisis kepercayaan, mengalami krisis mental, bahkan yang lebih parah adalah, akan membawa pelakunya ke dalam kegagalan. Gagal bukan karena tidak mampu, tetapi gagal karena malas. Iya, kebiasaan menunda pekerjaan (apapun pekerjaan itu) adalah bukti nyata dari kemalasan. Kegagalan jenis ini sangat memprihatinkan. Kemampuan yang dimiliki tidak digunakan sebagaimana mestinya. 

So.. Lakukanlah, sebisanya. Yang penting adalah, tidak ada sedetikpun waktu yang berlalu dengan percuma. Agar Anda dapat terlepas dari kebiasaan ini, ada baiknya mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Kenali penyebabnya, sadari akibatnya.
Seperti kebiasaan buruk pada umumnya, procrastinator lahir akibat keyakinan yang salah terhadap sesuatu. Dan seringkali menjadi semakin parah karena sang pelaku tidak menyadarinya. Banyak alasan yang bisa dikemukakan terkait dengan penyebab Anda menunda pekerjaan. Secara general, penyebab orang menunda pekerjaan dapat dibagi menjadi 7, diantaranya: malas, perfeksionis, perasaan takut gagal, stress, manajemen waktu yang buruk, kurang motivasi, dan pekerjaan yang terlalu banyak.

2. Bangun dan mulailah dari sekarang.
Hal tersulit bagi procrastinator adalah untuk memulai. Si penunda biasanya terlalu banyak berpikir dan berkalkulasi atau justru gagal melakukan keduanya. Merencanakan pekerjaan memang bagus demi tercapainya sistem kerja yang teratur, tetapi Anda harus ingat bahwa rencana yang sempurna hanya akan menjadi angan-angan jika Anda tidak segera merealisasikannya dengan langkah pertama. Mulailah pekerjaan Anda at your peak performance time, misalnya saat tubuh dan pikiran masih fresh di pagi hari.

3. Buat skala prioritas, do the difficult first.
Susunlah tugas-tugas Anda mulai dari yang terpenting sampai yang tidak terlalu penting. Dari yang paling mendesak sampai yang tidak. Kerjakan tugas yang menurut Anda paling sulit terlebih dahulu agar bisa sedikit tenang jika di tengah jalan Anda harus mengerjakan tugas lain yang cukup menyita waktu. Setidaknya Anda sudah mengerjakan setengah dari kewajiban Anda daripada tidak sama sekali. Taatilah jadwal dan tenggat yang Anda buat sendiri. Alokasikan waktu khusus untuk istirahat agar tubuh Anda tidak protes dan merasa overwhelmed ketika mengerjakan tugas-tugas yang banyak.

4. Nobody’s perfect, jangan remehkan kemampuan diri sendiri.
Salah satu alasan klasik orang menunda pekerjaannya adalah karena takut pekerjaannya tidak diapresiasi dengan baik atau malah gagal sama sekali. Buanglah pikiran negatif bahwa Anda tidak capable melakukan suatu pekerjaan tertentu. Jika Anda merasa kurang mampu, berlatihlah atau mintalah bantuan rekan kerja. Dan ingatlah tidak semuanya harus selalu sempurna. Jika Anda seorang perfeksionis, alokasikan waktu khusus untuk mengkoreksi pekerjaan setelah deadline. Setidaknya Anda bisa mulai dengan imperfect task lalu bisa direvisi, dibandingkan menyerahkan perfect task tapi terlambat.

5. Beri penghargaan pada diri sendiri.
Terkadang menunda pekerjaan disebabkan karena ketidaksukaan pada pekerjaan yang dilakukan. Namun, hal itu tidak bisa dibiarkan karena pekerjaan adalah tanggung jawab Anda yang tetap harus dikerjakan. Untuk memotivasi Anda, berikanlah diri Anda sendiri penghargaan setelah suatu pekerjaan terselesaikan. Belajarlah untuk mencintai pekerjaan Anda, tumbuhkan motivasi dari dalam diri dengan melihat sisi positif dari pekerjaan yang Anda lakukan.


Bilamana Anda telah terhindar dari sifat menunda-nunda, Insya Allah ritme kerja Anda akan lebih teratur, masalah-masalah tidak menumpuk dan cepat teratasi, terhindar dari stress, serta membawa Anda pada ketenangan dan efisiensi.  

"Ingatlah orang sukses dan gagal diberikan jatah sama oleh Tuhan yaitu 24 jam sehari. Perbedaannya hanya terletak pada cara mereka menggunakan waktu mereka."




SKYDUCK CHANNELING
Gampang Dimasak Kapan Saja
Peluang Usaha Berbisnis Bebek
Contact : 081 766 766 69
Blog : http://skyduckindonesia.blogspot.com
Email : skyduckindonesia@gmail.com
Twitter @bebekskyduck
Facebook @Di Skyduck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARSIP BLOG

skyduck channeling

PING